Museum Pahlawan Pancasila


Museum Monumen Pancasila berada di Jalan Pandega Sakti, Kentungan, Depok, Sleman, terletak di dalam lingkungan Komplek TNI AD Batalyon 403.

Museum ini merupakan monumen yang menjadi tanda penghormatan atas gugurnya dua perwira Angkatan Darat, Kolonel Katamso, dan Letnan Kolonel Soegijono atas kekejaman PKI. Seperti yang kita ketahui peristiwa G30S/PKI merupakan tragedi sejarah Indonesia yang tidak bisa terlupakan. Ditandai dengan penculikan dan pembunuhan kejam beberapa pejuang yang diantaranya adalah Koonel Katamso dan Letnan Kolonel Soegijono.

Museum ini direncanakan pada tahun 1986 dan mulai dibangun pada tahun 1986, hingga selesai pada tahun 1991 atas perintah dari Sekretaris Militer Kepresidenan. Museum ini  kemudian diresmikan pada tanggal 1 Oktober 1991 oleh KGPAA Paku Alam VIII.

Museum ini mempunyai satu pendopo utama, di sisi kanan dan kiri pendopo utama, terdapat patung kedua pahlawan yang siap menyambut siapapun yang datang mengunjungi pendopo tersebut, terdapat relief-relief yang menggambarkan kronologi peritiwa pemberontakan PKI di Madiun, penculikan kedua perwira sampai pembunuhannya.
Beberapa contoh relief :

 




     
Didalam pendopo tersebut terdapat lubang tempat ditemukannya jenazah Kolonel Katamso dan Letkol Soegijono yang merupakan daya tark utama dari museum ini. Koleksi lain yang terdapat dalam museum monumen pancasila adalah replika kendaraan yang digunakan saat penculikan, pengangkut jenazah, serta pakaian dan berbagai foto Kolonel Katamso, dan Letnan Kolonel Soegijono.

Selain untuk penghormatan kedua pejuang kita yang gugur, di bangunnya musem ini juga bertujuan untuk mengingatkan penerus bangsa tentang sejarah kelam bangsa Indonesia yang tidak boleh terulang kembali.

Waktu Kunjungan :
  • Senin-Kamis     : Pukul 08.00-13.00,
  • Jumat                : Pukul 08.00-11.00,
  • Sabtu                : Pukul 08.00-12.00 WIB.
(Hari besar nasional dan hari Minggu tutup)

Tiket Masuk : Gratis

Comments

Popular posts from this blog

Makalah Ta'limul Muta'allim " Memilih Ilmu, Guru dan Ketabahan dalam Menuntut ilmu "

Budaya Organisasi

Keragaman Dalam Organisasi